Investasi saham atau Investor saham dengan cara investasi saham saham blue chip dan trading saham 2021

Belajar Investasi Saham Yuk!

Mengenai investasi saham, masih banyak orang yang belum paham betul. Iya sih, karena belum banyak orang yang tertarik untuk belajar ilmu saham. Padahal, investasi saham adalah investasi yang memiliki potensi untung yang besar. Meskipun risiko yang harus ditanggung pun juga tinggi. Nah, bagi Anda pemula yang tertarik untuk invest saham, yuk, simak investasi saham berikut ini!

Anda Pemula? Ini Cara Investasi Saham 2021 yang Tepat!

Anda bisa nabung saham dengan melakukan beberapa langkah berikut.

  1. Anda memilih perusahaan sekuritas untuk membuka rekening efek dan Rekening Dana Nasabah (RDN). Rekening ini nantinya akan Anda gunakan untuk menyimpan uang hasil jual beli saham. Saat memilih perusahaan, pastikan perusahaan yang Anda pilih untuk nabung saham sudah terdaftar OJK.
  2. Sertakan dokumen berupa KTP, NPWP, buku tabungan dan materai 6 ribu lalu kirim ke perusahaan sekuritas, tunggu prosesnya.
  3. Setor dana ke Rekening Dana Nasabah (RDN) dengan Single Investor Identification (SID). Dana ini yang Anda gunakan jual beli saham.
  4. Unduh aplikasi jual beli saham atau trading saham di Play Store. Perusahaan sekuritas hampir semua memilikinya.
  5. Anda bisa mulai transaksi saham melalui aplikasi tersebut. Trading saham bisa Anda lakukan mulai hari Senin-Jumat pukul 09.00 hingga 12.00 untuk sesi I dan sesi II dimulai pukul 13.30 hingga 16.00. Untuk hari Jumat, Anda bisa trading saham mulai pukul 14.00. Di pasar saham, investasi saham bisa Anda beli dengan jumlah minimal 1 lot atau 100 lembar.  

Invest Saham di Reksadana Saham

Sebelum jadi investor saham di Reksadana Saham, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa itu Reksadana Saham. Sederhananya, ini adalah reksadana yang menempatkan portofolio di dalam saham. Artinya, portofolio reksadana ini adalah saham. Aktivitas jual beli saham dilakukan oleh Manajer Investasi. Anda hanya bisa membeli saham yang sudah tercatat di pasar modal karena tidak setiap perusahaan sahamnya bisa dibeli oleh Reksadana.

Keuntungan main saham di Reksadana Saham adalah Anda akan menikmati keuntungan paling tinggi di antara jenis reksadana yang ada. Ini merupakan reksadana yang bisa menawarkan keuntungan terbaik dalam invest saham. Karena ini dalam bentuk reksadana, Anda hanya menyerahkan dana ke Manajer Investasi dan Manajer Investasi yang membuat keputusan tentang beli saham dan jual saham. Anda sebagai investor saham tidak memiliki keputusan untuk jual beli saham.

Berbeda dengan investasi saham di mana Anda memiliki kelaluasaan untuk menentukan sendiri saham mana yang akan Anda jual dan saham mana yang akan Anda beli. Artinya, keputusan jual beli saham ada di tangan Anda sebagai investor saham. Selain itu, jika Anda menggunakan Reksadana Saham, Anda perlu mengeluarkan fee untuk Manajer Investasi, sedangkan investasi saham secara mandiri, Anda tidak perlu mengeluarkan fee pengelolaan investasi.

Tips Investas Saham Bagi Pemula

Trading saham memang ada ilmunya dan Anda tidak boleh menyepelekan ini. Namun, Anda yang pemula tidak perlu berkecil hati lantaran Anda bisa mencoba beberapa tips berikut menjadi investor saham sukes.

Pertama, Anda jangan memasukkan seluruh modal Anda di satu tempat yang sama ketika melakukan investasi saham. Anda bisa mengalokasikan modal tersebut ke beberapa investasi saham. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kerugian yang parah. Jika satu investasi sedang anjlok, maka akan ada investasi lain yang naik. Inilah pentingnya Anda tidak invest saham di tempat yang sama.

Kedua, Anda perlu menanamkan komitmen dalam diri. Perlu kesabaran dan konsistensi Anda ketika nabung saham. Jika Anda pemula, ada baiknya melakukan investasi jangka panjang pada saham berkapitalisasi besar di mana kinerjanya dinilai cukup stabil.

Ketiga, pelajari jejak rekam perusahaan dan kinerja keuangannya dalam beberapa waktu terakhir. Jangan sampai Anda beli saham karena ikut-ikutan. Sebab, dengan mendapatkan perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang bagus, maka Anda pun bisa melakukan investasi saham terbaik pula di perusahaan tersebut.

Bagaimana, tertarik? Yuk, nabung saham mulai sekarang!