Tabungan emas pegadaian atau Nabung emas di pegadaian dengan cara menabung emas di pegadaian 2021

Tabungan Emas Pegadaian Cara Mudah Nabung Emas

Tabungan emas Pegadaian adalah alternatif baru bagi Anda yang hendak investasi emas batangan. Tabungan emas Pegadaian melayani jual beli emas dengan cara membeli emas dalam bentuk logam mulia 24 karat dengan sistem layaknya menabung. Anda bisa menyetorkan berapa pun uang yang Anda miliki untuk kemudian uang yang terkumpul di rekening dicetak menjadi emas batangan atau dicairkan menjadi uang tunai. Nabung emas di Pegadaian pun bisa dimulai dari 0,001 gram. 

Biaya Cetak Emas Batangan Tabungan Emas Pegadaian

Anda bisa mencetak emas batangan dari uang yang terkumpul dalam rekening Anda. Anda juga bisa langsung jual saldo emas ke Pegadaian dengan harga buyback. Jika tabungan emas Pegadaian Anda cairkan dalam bentuk emas batangan, maka Pegadaian akan mengenakan tarif untuk biaya cetak emas tersebut. 

Adapun biaya cetak emas Pegadaian dalam bentuk emas Antam antara lain sebagai berikut:

  • 1 gram: Rp 100 ribu
  • 2 gram: Rp 120 ribu
  • 5 gram: Rp 200 ribu
  • 10 gram: Rp 300 ribu
  • 25 gram: Rp 400 ribu
  • 50 gram: Rp 780 ribu
  • 100 gram: Rp 950 ribu

Biaya cetak emas Pegadaian dalam bentuk emas USB:

  • 1 gram: Rp 60 ribu
  • 2 gram: Rp 100 ribu
  • 5 gram: Rp 130 ribu
  • 10 gram: Rp 200 ribu
  • 25 gram: Rp 300 ribu
  • 50 gram: Rp 500 ribu

Anda bisa melakukan cetak tabungan emas menjadi emas batangan di kantor Pegadaian tempat Anda membuka rekening.

Cara Menabung Emas Di Pegadaian

Anda bisa nabung emas di Pegadaian dengan cara yang mudah dan praktis tentunya. Tabungan emas di Pegadaian tersedia bagi Anda jika Anda mendatangi gerai Pegadaian terdekat di kota Anda. Selain dilakukan secara offline, membuka rekening tabungan emas di Pegadaian juga bisa Anda lakukan secara online dengan mengunduh aplikasi Pegadaian Digital melalui Google Play Store. Selanjutnya, Anda tinggal diminta mengisi formulir permohonan membuka rekening dengan menyertakan KTP atau kartu identitas yang lain.

Anda juga bisa melakukan investasi emas di Pegadaian melalui e-commerce seperti Shopee. Ini juga termasuk membuka rekening tabungan emas di Pegadaian secara online. Jika Anda pengguna Shopee, Anda tinggal membuka menu “Pulsa, Tagihan & Hiburan” di halaman paling depan. Lalu Anda roll ke bawah dan Anda bisa menemukan menu “Emas”. Anda klik dan lakukan verifikasi data diri. Selanjutnya, Anda bisa langsung melakukan investasi emas di sana dari harga Rp 500. Anda bisa membayar melalui ShopeePay atau langsung di outlet Indomaret.

Anda yang membuka tabungan emas Pegadaian secara online, diwajibkan melakukan verifikasi data ke Pegadaian untuk bisa mendapatkan buku tabungan. Untuk e-commerce Shopee, setelah Anda membuka tabungan di aplikasi tersebut, setidaknya dalam waktu enam bulan Anda melakukan verifikasi ke gerai Pegadaian yang sudah Anda tentukan ketika mengisi data diri di aplikasi Shopee.

Kekurangan Investasi Emas di Pegadaian

Di samping kelebihan serta kemudahan yang diberikan tabungan emas Pegadaian, nabung emas di Pegadaian juga memiliki beberapa kekurangan. Tentu saja ini hal yang wajar mengingat sebuah investasi di mana pun, tentu memiliki kekurangannya masing-masing. Ada pun beberapa kekurangan tabungan emas di Pegadaian antara lain;

Saldo emas yang Anda miliki tidak bisa langsung dikonversikan dalam emas batangan fisik. Anda perlu menunggu beberapa hari (15 hari hingga 45 hari) di kantor cabang tempat Anda membuka rekening. 

Kekurangan lainnya yaitu harga pembelian kembali atau buyback lebih rendah daripada harga beli emas. Sehingga, investasi emas yang Anda lakukan di Pegadaian memang lebih cocok untuk investasi jangka panjang. 

Anda juga akan dikenakan biaya pembukaan rekening di kantor cabang Rp 100 ribu, biaya per tahun Rp 30 ribu, biaya transfer emas ke rekening lain Rp 2.000, pencetakan rekening koran tabungan emas per lembar Rp 2.000 dan penggantian buku tabungan emas karena rusak atau hilang Rp 10 ribu, serta penutupan rekening tabungan emas Rp 30 ribu.