Take over KPR atau Take over rumah dengan syarat take over kredit antar bank 2021

Manfaat dan Keuntungan Take Over KPR yang Perlu Diketahui

Banyak yang belum tahu mengenai take over KPR, padahal hal ini memberikan cukup banyak keuntungan. Jika dilakukan dengan benar dan hati-hati tentu tidak akan menjadi masalah besar. Anda juga wajib tahu mengenai jenis-jenis yang diberikan oleh take over rumah. Hal ini dikarenakan sangat berpengaruh dengan jangka pemayaran dan suku bunga yang menjadi tanggungan. 

Syarat Mengajukan Take Over KPR

Untuk yang tertarik mengajukan take over KPR perlu tahu ada beberapa syarat yang harus dilengkapi sebagai berikut:

1. Usia maksimal dan minimal

Dalam mengurus take over KPR ada batas maksimal usia pihak yang mengajukan. Take over kredit ini memberikan batas maksimal untuk pengusaha dengan umur 65 tahun. Sementara untuk karyawan sekitar 55 tahunan. Sementara untuk usia minimalnya sama bagi semua jenjang profesi yakni 21 tahunan. 

2. Syarat umum

Selain adanya usia minimal dan maksimal, untuk mengajukan take over KPR ini haruslah perorangan bukan lembaga. Selain itu harus orang Indonesia asli yang dibuktikan dengan KTP dan bertempat tinggal di indonesia. 

3. Dokumen yang dibutuhkan

Syarat berikutnya dalam mengajukan take over KPR adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan. Ada beberapa macam dokumen untuk syarat take over kredit antar bank sebagai berikut:

  • Dokumen umum

Dokumen umum untuk take over KPR adalah surat keterangan dari bank mengenai tabungan. Jaminan yang dibutuhkan seperti PBB, IMB dan sertifikat semuanya harus lengkap yang asli atau salinannya. Selanjutnya surat keterangan dari tempat kerja, biasanya dari HRD terkait, rekening gaji dan slip gaji terakhir. Semuanya harus lengkap sesuai profesi yang dijalankan. 

  • Dokumen pribadi

Dokumen kedua untuk take over KPR adalah beberapa printilan dokumen pribadi. Syarat ini berupa akta nikah, Kartu Keluarga, NPWP, KTP dan pengisian formulir. Semuanya harus lengkap dan diberikan salinannya jika dibutuhkan. Dokumen pribadi ini berguna sebagai arsip penting. Anda tidak perlu takut mengenai kebocoran data karena pihak bank akan menjaganya dengan baik. 

Mengenal Jenis Bank yang Bisa Take Over Sertifikat Rumah

Perlu diketahui bahwa take over KPR ini juga memiliki beberapa jenis dalam penggunaannya. Adapun jenis-jenisnya bisa dilihat sebagai berikut:

  • Antar bank

Jenis pertama dari take over KPR adalah KPR antar bank. Maksud dari bank yang bisa take over kredit ini adalah melakukan pemindahan pinjaman dari bank satu ke bank lainnya. Alasannya bisa karena bunga yang diberikan lebih mudah dijangkau. Umumnya disetujui jika pemindahannya menuju bank Syariah yang awalnya konvensional. Hanya saja Anda harus punya catatan pinjaman dengan ketepatan pembayaran bagus untuk bisa melakukannya. Untuk proses antar bank ini termasuk cukup singkat dan tidak ribet. 

  • Jual beli

Jenis kedua dari take over KPR adalah KPR jual beli. Maksud dari biaya take over KPR BTN adalah Anda bisa menggantikan seseorang yang tidak mampu menyelesaikan cicilannya. Cicilan yang dimaksud adalah cicilan untuk rumah, biasanya lebih ringan dan menguntungkan. 

  • Bawah tangan

Jenis selanjutnya dari take over KPR adalah yang paling kompleks. Cara yang satu ini termasuk cukup memberikan resiko saat digunakan. Take over sertifikat rumah ke Bank Mandiri ini dilakukan seseorang yang memindahkan cicilannya tanpa pemberitahuan bank. Hanya saja cukup menguntungkan jika kedua belah pihak bisa bekerjasama dengan baik. 

Keuntungan Menggunakan Take Over Rumah Subsidi

  • Ekuitas rumah meningkat

Keuntungan pertama menggunakan take over KPR adalah meningkatkan ekuitas rumah yang dibeli. Hal ini dikarenakan ketika masa cicilan lebih mudah dan cepat lunasnya maka harga rumahnya semakin murah. Tentu menguntungkan jika take over KPR BTN ini dijual kembali. 

  • Kegiatan mendesak 

Keuntungan kedua untuk take over KPR adalah bisa menjadi alternatif biaya mendesak. Biasanya banyak dilakukan untuk membiayai suatu hal yang urgent seperti kecelakaan. Anda bisa melakukan take over Bank Jatim untuk menjual barang yang belum lunas. 

  • Hemat cicilan

Keuntungan berikutnya dalam melakukan take over KPR adalah lebih hemat cicilan dan bunga ringan. 

Dengan melakukan cara take over rumah Anda bisa merasakan cicilan yang mudah dan cepat lunas tentunya. Hal ini termasuk cara paling recommended tahun 2021 ini.